P Deklarasi Anak Indonesia
Forum Anak Horas Tapteng mengucapkan Selamat menjalankan ibadah puasa 1438 H #MarhabanYaRamadhan

Deklarasi Anak Indonesia

No comments :
Deklarasi Anak Indonesia untuk Indonesia yang Ramah Anak
Kami anak-anak Indonesia dari 10 propinsi yang mengikuti Forum Pemimpin Muda Nasional 2010 menyerukan kepada Negara Indonesia dan para pemangku kewajiban di sekitar kami untuk:


  1. Melihat dan mendengarkan kami, anak-anak Indonesia, sebagai manusia yang memiliki hak asasi. Melibatkan kami dan mempertimbangkan pendapat kami dalam setiap keputusan yang berkaitan dengan hidup kami, baik di dalam rumah, di sekolah, di kampung, dan di pemerintahan.
  2. Menghormati, melindungi, dan memenuhi hak-hak kami untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk semua anak Indonesia, termasuk anak-anak yang tinggal di desa-desa, gunung-gunung, dan pulau-pulau terpencil.
  3. Membuat peraturan dan kebijakan tentang sarana kesehatan, tenaga kesehatan, standar pelayanan kesehatan minimal dan anggaran kesehatan tidak boleh mendiskriminasikan anak-anak dari keluarga miskin, anak yang memiliki kebutuhan khusus, dan kelompok anak-anak rentan lainnya.
  4. Membuat sistem jaminan sosial dan jaminan kesehatan harus dapat diakses oleh semua anak Indonesia tanpa terkecuali, termasuk oleh anak-anak dari keluarga-keluarga rentan dan yang termarginalkan.
  5. Tidak mendiskriminasi anak-anak penyandang cacat dengan cara memberi kesempatan dan layanan yang setara kepada mereka atas hak-hak anak termasuk hak atas kesehatan, pendidikan, dan pelayanan sosial.
  6. Menjamin terpenuhinya hak semua anak untuk mendapatkan pendidikan dasar yang gratis dan membangun keterampilan anak untuk menghormati hak asasi manusia, perdamaian, lingkungan hidup.
  7. Membuat peraturan dan kebijakan tentang sarana pendidikan, tenaga guru yang berkualitas, standar pendidikan nasional, akses pendidikan dan anggaran pendidikan tidak boleh mendiskriminasikan anak-anak dari keluarga miskin, anak yang memiliki kebutuhan khusus dan kelompok anak-anak rentan lainnya.
  8. Membangun lingkungan pembelajaran di sekolah yang menghormati hak asasi manusia dan tanpa kekerasan. Melarang hukuman fisik di sekolah dan membangun sistem agar sekolah dan proses belajar ramah terhadap anak.
  9. Melindungi kami dari ancaman kekerasan dan eksploitasi dengan membuat kebijakan dan pelaksanaan program pencegahan kekerasan dan eksploitasi oleh pihak mana pun juga.
  10. Membangun kesadaran tentang hak anak kepada semua orang mulai dari tingkat keluarga, kampung, lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, pihak swasta, dan media.
Kami anak Indonesia bertekad akan terus berperan aktif untuk menyuarakan hak anak dan ikut serta membangun Indonesia yang ramah untuk anak, menghargai hak asasi manusia, menghargai perbedaan, cinta perdamaian, dan lingkungan hidup.
Jakarta, 10 Juli 2010
Duta Pemimpin Muda Indonesia

No comments :

Post a Comment